Pemasaran modern menyatakan bahwa organisasi harus bertujuan memaksimalkan kepuasan konsumen dan dalam proses memungkinkan dirinya untuk mencapai tujuan-tujuannya seperti pertumbuhan, pangsa pasar dan jumlah laba yang wajar atau pengembalian investasi.1 Mar 2020 

1. Proses Manajerial

Manajemen pemasaran adalah proses manajerial yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengambilan keputusan, peramalan, pengarahan, koordinasi dan pengendalian. Stanley Vance mendefinisikan manajemen sebagai proses pengambilan keputusan dan pengendalian. Setiap aspek pemasaran, dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen, mengidentifikasi pelanggan yang ditargetkan, perencanaan produk, pengembangan, penetapan harga, promosi, proses distribusi membutuhkan perencanaan, pengambilan keputusan, koordinasi, dan pengendalian.


2. Pelanggan-sentris

Semua kegiatan pemasaran tujuannya adalah konsumen. Konsumen adalah raja. Kegiatan pemasaran didasarkan pada premis “membuat apa yang diinginkan pasar”. Tujuan utama pemasaran adalah untuk menciptakan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan saat ini. Manajemen pemasaran melakukan tugas mengubah pelanggan potensial menjadi pelanggan aktual.

Komentar